Sabtu, 07 Januari 2012

Model Pembelajaran

Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama. Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah.
Adapun keunggulan metode problem solving sebagai berikut:
  1. Melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan.
  2. Berpikir dan bertindak kreatif.
  3. Memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis
  4. Mengidentifikasi dan melakukan penyelidikan.
  5. Menafsirkan dan mengevaluasi hasil pengamatan.
  6. Merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat.
  7. Dapat membuat pendidikan sekolah lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dunia kerja.
Kelemahan metode problem solving sebagai berikut:
  1. Beberapa pokok bahasan sangat sulit untuk menerapkan metode ini. Misal terbatasnya alat-alat laboratorium menyulitkan siswa untuk melihat dan mengamati serta akhirnya dapat menyimpulkan kejadian atau konsep tersebut.
  2. Memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain.

RPP Penjaskes SMP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Lompat Jauh Gaya Melenting
         

SMP                                        :  SMP Negeri 3 Jatinangor
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                     :  IX (Ganjil )
Alokasi Waktu                       :  2 x 40 menit (1 x pertemuan)


A.   Standar Kompetensi
1.    Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

B.   Kompetensi Dasar
1.3  Mempraktikan teknik dasar atletik lanjutan dengan baik serta nilai  toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,  bersedia berbagi tempat dan peralatan

C.   Indikator                        
1.    Lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, posisi di udara dan mendarat)
2.    Melakukan lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi, melalui cara di lombakan.


D.   Tujuan Pembelajaran
a.    Peserta didik dapat melakukan  teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, posisi di udara dan mendarat),
b.    Peserta didik dapat melakukan lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi, melalui di lombakan.


E.    Metode Pembelajaran
-          Demontrasi
-          Tanya jawab
-          Progresif


F.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        
1      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, presensi, dan apersepsi
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
-    Pemanasan (Stretching)










2      Kegiatan Inti (50 menit)
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, posisi di udara dan mendarat), dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
Lompat jauh 1Gaya Melenting jpg



Text Box: Rintangan                                                                                         







§  Melakukan gerak melompat menggunakan satu kaki melewati titik-titik yang telah ditentukan (berpasangan/kelompok)
§  Melakukan gerak melangkah dan  melompat melewati titik-titik yang telah ditentukan (berpasangan/kelompok)
§  Melakukan gerak lari, melangkah melalui rintangan lalu melompat pada tempat pendaratan  (berpasangan/kelompok)
§  Melakukan gerak lari, melangkah melalui rintangan lalu melompat melentingkan badan hingga dada menyentuh benda di depannya dan mendarat pada tempat pendaratan  (perorangan/kelompok)

·         Lompat jauh 2Lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan     nilai percaya diri











3  . Penutup (15 Menit)
­   Pendinginan, berbaris, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan selesai


G.   Sumber Belajar
-          Pluit
-          Bambu/Rintangan
-           





H.   Penilaian

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen

·   Melakukan awalan, tolakan, posisi di udara dan mendarat
·   Melakukan lomba lompat  jauh dengan peraturan yang dimodifikas


Tes Praktek (Psikomotor)





Tes contoh kinerja





Lakukan teknik dasar awalan, tolakan, posisi di udara dan mendarat lompat  jauh gaya melenting !


           

RUBRIK PENILAIAN
LOMPAT JAUH GAYA MELENTING

TEKNIK DASAR
Skor
2,5
5
7,5
10
1.  Awalan
2.  Tolakan
3.  Gaya di udara
4.  Pendaratan




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 40





Jatinangor, 29 Oktober 2011
            Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran
            Kepala Sekolah                                                           Penjaskes                                                                                                              




Drs. DEDE SUKMANA                                              DADANG RUKMANA, S.Pd
            NIP 19600922 198903 1 007                                      NIP  19690819 200604 1 004